Share this post on:

Pemberdayaan masyarakat berbasis energi terbarukan merupakan aktivitas yang tidak dapat dilakukan sendirian. Hal inilah yang menyakini GAWIREA untuk menjadi bagian dari komunitas anak muda di ASEAN yang bergerak di sektor usaha sosial dan lingkungan. Salah satu program yang menjadi bagian dari perjalanan GAWIREA adalah Youth Energy Academy yang bagian dari program tahunan Sustainable Energy Yotuh Network (SEYN).

SEYN adalah organisasi nirlaba yang terbentuk di Eropa 2014 dan saat ini berkantor pusat di Portugal serta beroperasi secara global di Eropa dan Asia. Program YEA dilaksanakan pada Oktober 2022 di Asian Institute Technology, Thailand. YEA bertujuan untuk mengumpulkan anak muda dari ASEAN dan mengikuti program belajar selama satu pekan.

YEA menghadirkan beragam materi mulai tentang partisipasi yang melibatkan masyarakat menghadapi perubahan iklim, bisnis model, manajemen proyek dan membuka peluang untuk akses pendanaan. Aktivitas YEA 2023 diikuti oleh 22 peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Kamboja, dan Thailand. YEA pertama kali dilaksanakan pada 2019. Kondisi pandemik membuat program ini sempat menyesuaikan diri untuk melakukan aktivitas pelatihan secara daring.

Setiap sesi dari aktivitas pelatihan ini akan mengasah kemampuan peserta dalam menciptakan inovasi yang mampu menjadi solusi bagi masyarakat di rural area. Salah satunya adalah melakukan kelas Do-It-Together yang berguna menciptakan oven tenaga surya, alat pengiring makanan, power bank, dan speaker. Hasil inovasi dari kelas DIT ini akan disumbangkan kepada kelompok petani di Thailand.

Aktivitas YEA dirancang untuk menciptakan kepekaan anak muda dalam menghadirkan teknologi yang tepat guna bagi masyarakat. Selain mempelajari teori, melakukan praktikum di laboratorium, peserta juga diajak untuk kunjungan lapangan demi mengenal berbagai jenis bisnis berkelanjutan di Thailand yang berdasarkan energi terbarukan. Setiap peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi kepada para calon donatur seperti Yunus Thailand yang telah bekerja sama dengan SEYN dalam program ini.

Semangat para anak muda dari ASEAN menjadi energi positif untuk perkembangan aktivitas GAWIREA di masa yang akan datang. Jejaring ini adalah suatu yang sangat berharga untuk menciptakan kolaborasi demi melahirkan solusi terbaik untuk membantuk menghadapi tantangan perubahan iklim.

Share this post on:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *